Skip to main content

Tugas Bahasa Indonesia Kelas 12 tentang Menganalisis Teks Cerita Sejarah



Ketua Kelompok              : Meliani
Anggota                               : Livia Camelia
                                                  Yuli Chetari
                                                  Jesisca
                                                  Lina Tri Astuti

Tugas 3 : Menganalisis Teks Cerita Sejarah

(2) Agar kalian lebih memamahami kearifan yang terdapat pada peristiwa lahirnya Hari Buruh tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
a.       Carilah nilai kearifan dalam tiap peristiwa yang menyebabkan munculnya Hari Buruh.
Jawab :
Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei dan sering disebut May Day.  Hari Buruh ini diperingati untuk mengenang jasa para buruh. Nilai kearifan yang ada yaitu :
Nilai kearifan dalam tiap peristiwa yang menyebabkan munculnya Hari Buruh adalah
-          Menghargai sesama manusia;
-          Rasa persatuan dan kesatuan para buruh untuk menuntut jam kerja yang layak;
-          Rela berkorban dan semangat pantang menyerah para buruh untuk menuntut hak-hak mereka;
-          Keberanian menyuarakan pendapat dan saran terhadap kebijakan yang bertentangan;

b.      Menurut kalian, apakah demonstrasi yang dilakukan kaum buruh di berbagai daerah itu memiliki manfaat?
Jawab   :
Ya, memiliki manfaat. Demonstrasi yang dilakukan para buruh di daerah merupakan suara/pendapat/saran/kritik terhadap kebijakan dan pelaksanaan kebijakan yang diaanggap tak sejalan. Demonstrasi yang dilakukan di daerah tersebut pasti akan mendapat perhatian, tanggapan untuk kemudian akan diambil keputusan oleh yang bertanggung jawab di dalamnya. Apabila suara para buruh tersebut diambil dengan baik oleh pembuat aturan, maka tentu akan member kepuasan dan manfaat bagi para buruh.

c.       Kebijakan apa yang terdapat pada peristiwa Hari Buruh tersebut yang dapat dijadikan bahan acuan menghadapi kehidupan saat sekarang?
Jawab :
Kebijakan pada peristiwa hari buruh yang dapat dijadikan bahan acuan menghadapi kehidupan saat sekarang adalah kebijakan jam kerja selama delapan jam atau empat puluh jam/minggu (lima hari kerja). Kebijakan tersebut telah menjadi acuan dalam kehidupan sekarang bahkan ebijakan ini telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui Konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1953. Dengan adanya kebijakan ini berarti bisa meminimalkan terjadinya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang tersembunyi dibalik hubungan industrial hingga saat ini.

d.      Apakah kebijakan yang ada sama seperti yang diharapkan para buruh tersebut?
Jawab   :
Iya, kebijakan tersebut sudah seperti apa yang diharapkan para buruh, namun dari sudut pandang sederhana penerapan kebijakan itu tidak berjalan dengan baik di lapangan sebagaimana mestinya menjadi kewajiban pengusaha/pemberi upah.

e.      Apakah kebijakan tersebut memengaruhi jam kerja buruh?
Jawab   :
Ya, mempengaruhi. Karena sebelum ada kebijakan tersebut, para pekerja dunia harus bekerja 20 jam sehari tetapi tidak setara dengan imbalannya sehingga banyak terjadi bentuk kerja paksa dan perbudakan yang tersembunyi di balik hubungan industrial. Kini semenjak adanya kebijakan tersebut para buruh mendapatkan pekerjaan yang layak dengan waktu kerja dan imbalan yang setara seperti penerapan 8 jam kerja/hari bagi para buruh tersebut.

(3) Kecenderungan peristiwa sejarah yang berkesinambungan menyebabkan peristiwa sejarah berlangsung dalam waktu yang panjang dan tidak terputus dalam satu periodisasi saja.

a.         Menurut kalian, apakah peristiwa Hari Buruh tidak berhenti dalam satu periodisasi juga?
Jawab   :
Tidak, peristiwa hari Buruh tidak berhenti dalam satu periodisasi saja, namun terus berkesinambungan dari babak ke babak hingga ditetapkanlah 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

b.      Apakah ada pengaruh peristiwa Hari Buruh terhadap kaum buruh di Indonesia?
Jawab  :
Ada, yaitu seperti menekan angka kerja paksa dan perbudakan dalam hubungan industrial di Indonesia, para butuh mendapatkan upah yang layak dan sesuai dengan kuantatas dan kualitas kerjanya.

c.       Diskusikanlah dengan kelompok kalian masing-masing dampak Hari Buruh tersebut terhadap kaum buruh di Indonesia.
Jawab  :
Dampak Hari Buruh terdapat kaum buruh di Indonesia adalah

Dampak Positif
-       Menekan angka kerja paksa dan perbudakan dalam hubungan industrial di Indonesia
-       Para buruh di Indonesia mendapatkan upah yang layak dan susuai dengan kuantitas dan kualitas kerjanya
-       Meningkatkan kesejahteraan buruh

Dampak Negatif
-       Demo yang dilakukan para buruh pada tanggal 1 Mei sering menimbulkan bentrokan dan ketidaktertiban sehingga tujuan utama para buruh tidak tersampaikan dengan baik.

d.                  Carilah dari berbagai sumber mengenai pengaruh peringatan Hari Buruh dunia terhadap Indonesia!
Jawab  :
Peringatan Hari dunia, para buruh di Indonesia turun ke jalan untuk melakukan demo, menyuarakan dan menuntut hak-hak mereka, tuntutan mereka hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang kaum buruh Indonesia tidak hanya terhimpit oleh persoalan lain seperti upah rendah, out sourcing, system kerja kontrak, jaminan sosialisme, namun juga harus berhadapan dengan arus masuk buruh dari Negara Asean lainnya, kemungkinan besar kepastian kerja semakin menipis dan daya tawar semakin menurun.

Dear viewers,
Jawaban diatas belum tentu benar 100% dan sesuai dengan pendapat kalian, ini adalah hasil pemikiran saya dari referensi buku dan internet. Jadilah pelajar yang modern tapi cerdas. Browsing untuk cari referensi bukan mengcopy keseluruhan isi. :)
KEEP CALM :)


Pembaca yang Budiman selalu tinggalkan Komentar. :)
 

Salam, 
Meliani
[Instagram] : @melia_ni

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Bahasa Indonesia Perkuliahan Tahun Ajaran 2017

1.        Tuliskan 5 contoh teks non akademik! Jawab : Novel, Cerpen, Puisi, Anekdot, dan Naskah Drama 2.        Tuliskan 3 metode belajar Bhasa Indonesia! Jawab : 1)       Metode Langsung : metode yang menerapkan secara langsung aspek dalam bahasa yang diajarkan. 2)       Metode Alamiah : Sesuai dengan kebiasaan, seperti belajar bahasa ibu 3)       Metode Tatabahasa : yang memusatkan pada pembelajaran kosa kata, metode ini identik sederhana. 3.        Tuliskan 3 tahapan orientasi! Jawaban : 1)       Menyampaikan informasi mengenai suatu teks secara umum 2)       Menyampaikan latar belakang secara umum 3)       Menyampaikan pendapat mengenai suatu teks secara umum 4.        Tuliskan visi misi pembelajaran Bahasa Indonesia di PT! Jawab : Visi : 1)       Menemukan sikap mental sivitas akademik yang mampu mengekspresikan nilai-nilai bahasa Indonesia sebagai symbol kedaulatan bangsa dan Negara 2)       Mengembangkan keterampilan berkomunikasi secar

RINGKASAN PKN KELAS X/10 TENTANG HAK ASASI MANUSIA (HAM)

RINGKASAN BAB III UPAYA PEMAJUAN, PENGHORMATAN, DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA A. Pengertian, Perkembangan, dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia 1. Pengertian dan Macam-Macam HAM Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. HAM berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Macam-Macam HAM: 1. Hak asasi pribadi (personal rights) Hak asaspi ribadi adalahh ak kebebasanb eragama,b eribadats esuadi engank eyakinan masing-ma-singm. enyatakanp endapat, dan kebebasanb erserikata tau berorganisasi. 2. Hak asasi ekonomi (property rights) Hak asasi ekonomi meliputi hak pemilikan sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu. serra hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.. 3. Hak asasi dalam kesamaan huku

RANGKUMAN IPS KELAS 7 TENTANG KERAJAAN HINDU-BUDDHA

1. Munculnya Agama Hindu dan Budha           a. Agama Hindu   Sebelum Hindu lahir, di lembah Sungai Indus (sekarang wilayah Pakistan) telah berkembang kebudayaan yang tinggi yaitu “Kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa” milik bangsa Dravida sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Arya melalui celah Kaiber masuk ke India, menakhlukkan dan menguasai kota-kota di lembah Indus yang tadinya dikuasai oleh bangsa Dravida. Dalam penyebarannya suku bangsa Arya ada yang melangsugkan pernikahan dengan orang-orang Dravida sehingga terbentuklah masyarakat dan generasi baru yang disebut “Bangsa Hindu”.   Tradisi dan kepercayaan bangsa Hindu inilah yang disebut agama dan kebudayaan Hindu.     Agama hindu merupakan kepercayaan yang memuja dan menyembah banyak dewa (politheisme) dewa utamanya disebut TRIMURTI terdiri dari Brahma (dewa pencipta), Wisnu (dewa pemelihara) dan Siwa (dewa perusak). Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda, yang terdiri atas 4 bagian : 1.     Rigweda berisi pujian terhad